Ebook Pengantar Sistem Operasi dan Kernel Linux Berbahasa Indonesia

Pokok Bahasan

Tulisan ini terbagi menjadi delapan pokok bahasan. Setiap pokok bahasan akan terdiri dari beberapa sub-pokok bahasan dalam bentuk bab. Setiap bab tersebut dirancang untuk mengisi satu jam kuliah (tatap muka). Jadi ke-52 bab buku ini, cocok untuk sebuah mata ajar dengan bobot empat Satuan Kredit Semester (4SKS).
Bagian I, “Konsep Dasar Perangkat Komputer”. Pembahasan buku ini diawali dengan pengenalan konsep dasar sistem komputer Bagian ini, akan menguraikan secara umum komponen-komponen komputer seperti Sistem Operasi, perangkat keras, proteksi, keamanan, jaringan, hakkekayaan intelektual, lisensi, konsep perangkat lunak bebas (PLB), beserta tantangannya. Aspek-aspek tersebut diperlukan untuk memahami konsep-konsep Sistem Operasi yang akan dijabarkan dalam buku ini. Tentunya tidak dapat diharapkan pembahasan yang dalam. Rincian lanjut, sebaiknya dilihat pada rujukan yang berhubungan dengan “Pengantar Organisasi Komputer”, “Pengantar Struktur Data”, serta “Pengantar Jaringan Komputer”. Bagian ini terdiri dari 4bab.
Bagian II, “Konsep Dasar Sistem Operasi”. Para pembaca sepertinya pernah mendengar istilah “Sistem Operasi”. Mungkin pula pernah berhubungan secara langsung ataupun tidak langsung dengan istilah tersebut. Namun, belum tentu dapat menjabarkan perihal apa yang sebetulnya dimaksud dengan kata “Sistem Operasi”. Bagian ini merupakan penjabaran secara garis besar dari sebuah Sistem Operasi secara umum, serta GNU/Linux secarak husus. Ini akan membantu pemahaman konsep secara terpadu, tanpa harus terganggu dengan rinciannya. Bagian III-VII akan menjabarkan secara lebih rinci, konsep-konsep dalam bab ini. Pastikan bahwa bagian I dan II buku ini dipahami sepenuhnya. Menguasai kedua bagian tersebut, akan mempermudah pemahaman sisa dari buku ini. Bagian ini terdiri dari 5 bab.
Bagian III, “Proses dan Penjadwalan”. Proses merupakan inti pembahasan dari sebuah Sistem Operasi. Bagian ini akan memperkenalkan konsep proses serta penjadwalannya. Dalam delapan sub-pokok bahasan (bab), akan dibahas definisi, konsep thread, implementasi thread dalamJava,
konsep dan algoritma penjadwalan. Bagian ini akan ditutup dengan memperkenalkan implementasi
proses Linux. Bagian ini terdiri dari 8bab.
Bagian IV, “Proses dan Sinkronisasi”. Pada bagian ini, akan diperkenalkan bagaimana proses saling berinteraksi. Dalam tujuh sub-pokok bahasan (bab), akan dibahas konsep-konsep seperti interaksi proses, sinkronisasi, racecondition, criticalsection, serta deadlock. Untuk mempermudah pemahaman konsep-konsep abstrak ini, tiga bab penutup akan merupakan ilustrasi aspek sinkronisasi dalam bahasa Java. Membahas keempat bagian tersebut di atas memerlukan waktu sekitar tujuh minggu semester. Dengan demikian, merupakan saat yang tepat untuk melakukan ujian tengah semester. Bagian ini terdiri dari 10 bab.
Bagian V, “Memori”. Pengelolaan memori merupakan komponen penting lainnya dari sebuah Sistem Operasi. Pada bagian ini akan diperkenalkan semua aspek yang berhubungan dengan pengelolaan memori seperti, pengalamatan logika dan fisik, swap, halaman (page), bingkai (frame), memori virtual. segmentasi, serta alokasi memori. Bagian ini akan ditutup dengan penguraian pengelolaan memori Linux. Bagian ini terdiri dari 9 bab.
Bagian VI, “Penyimpanan Sekunder”. Pada umumnya, penyimpanan sekunder berbentuk disk magnetik. Kecepatan pengaksesan memori sekunder ini jauh lebih lambat dibandingkan memori utama. Padabagian ini akan diperkenalkan konsep-konsep yang berhubungan dengan memori sekunder seperti sistem berkas, atribut dan operasi sistem berkas, struktur direktori, atribut dan operasi struktur direktori, sistem berkas jaringan, sistem berkas virtual, sistem berkas GNU/Linux, keamanan sistem berkas, FHS (File Hierarchy System), serta alokasi blok sistem berkas. Bagian ini terdiri dari 6 bab.
Bagian VII, “Masukan /Keluaran (M/K)”. Sistem Masukan /Keluaran (M/K) merupakan bagian penting yang menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Pada bagian ini akan diperkenalkan perangkat-perangkat M/K, konsep polling, interupsi, Direct Memory Access (DMA), subsistem kernel, aplikasi antarmuka, streams, penjadwalan, RAID, kinerja, M/K sistem Linux, serta sistem penyimpanan tersier. Bagian ini terdiri dari 6 bab.
Bagian VIII, “Topik Lanjutan”. Sebagai penutup, akan dibahas empat topik lanjutan, yaitu: Sistem Waktu Nyata dan Multimedia, Sistem Terdistribusi, Keamanan Sistem, serta Perancangan dan Pemeliharaan. Bagian ini terdiri dari 4 bab.

Ok silahkan DOWNLOAD aja🙂

~ oleh gipsylinux pada Agustus 28, 2008.

Satu Tanggapan to “Ebook Pengantar Sistem Operasi dan Kernel Linux Berbahasa Indonesia”

  1. arrggghhhh. kernel……………..
    nooooo…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: