Susahnya menginstall Zencafe di virtual machine

Dua hari ini saya bener-bener dibuat penasaran oleh Zencafe. Distro yang difokuskan untuk para operator warnet linux ini agak susah diinstall di mesin virtual. Ada apa dengan Zencafe?
Hari pertama 8 September 2008 saat menjelang berbuka puasa saya install Zencafe di VM VirtualBox, begitu tahap menyimpan boot loader lilo di MBR keluar error Grrrkk…………..[lilo tidak bisa diinstall, untuk booting bisa menggunakan floopy booting katanya]
Saya ulang pada jam 01 dinihari beberapa kali dengan metode pemartisian yang berbeda baik auto partisi, manual partisi dari Zencafe maupun manual partisi dengan GParted di Knoppix, hasilnya sama saja error. Ugh….
Pusing pake VM VirtualBox kemudian saya pake VMware. Baru memulai masuk menu partisi kok gak bisa, loh kok??Penasaran makin menjadi-jadi, di situ saya ambil kesimpulan kalo hardsik virtual tidak terdeteksi oleh VMWare. Saya cek tipe hardisk virtual saya, SCSI. Hm… padahal selama instalasi di VirtualBox kan hasil pemartisiannya /dev/sda, begitu juga saat masuk menu partisi di VMWare yang muncul hanya opsi hardisk sda jadi gak ada yang salah dong. Penasaranku menjadi rasa bingung, pweh….
Iseng saya coba tipe hardisk ubah ke IDE, saya install dan masuk ke menu partisi dan loh….masih didetek sebagai sda. Nggak mau tambah bingung saya partisi aja dengan auto partisi bawaan Zencafe. Begitu masuk tahap penyimpanan boot loader di MBR perhatianku terfokuskan, dan yuhuiiiii….. lilo bisa diinstall di MBR dan pastinya Zencafe telah terinstall di VMWare. Nggak terasa sudah jam 03.30 waktunya sahur….
Setelah usai sholat subuh saya mencoba menginstall kembali Zencafe di VM VirtualBox, barangkali type hardisknya salah seperti yang terjadi VMWare pikirku. Type hardisknya IDE, bahkan tidak ada pilihan type SCSI di VM VirtualBox tapi ada dukungan SATA, hm……. heran jadinya. Padahal sudah IDE tapi kok ngak bisa ya. Lalu saya coba ke SATA dan hasilnya sama, error……. aarrrrggghhhhh,coba lagi error lagi, coba lagi error lagi. Wah jadi terlambat mandi nih, jangan sampai terlambat kerja.
Untung hari ini gak terlalu sibuk jadi bisa ditinggal menginstall Zencafe. Sampai tulisan ini di publish masih belum ketemu gimana caranya install Zencafe di VirtualBox. Dan sekarang sedang mencoba-coba install ulang lilo Zencafe lewat knoppix di VirtualBox.
Yang membuatku heran, kenapa di VMWare harus pake hardisk virtual type IDE agar bisa di install padahal didetek sebagai sda?

~ oleh gipsylinux pada September 9, 2008.

Satu Tanggapan to “Susahnya menginstall Zencafe di virtual machine”

  1. […] Cara Install Zencafe di VirtualBox Melanjutkan tulisan yang lalu “susahnya-menginstall-zencafe-di-virtual-machine” […]

Tinggalkan Balasan

 
