Cara Install Zencafe di VirtualBox

Melanjutkan tulisan yang lalu “susahnya-menginstall-zencafe-di-virtual-machine”

Setelah seharian mencoba install lilo menggunakan LiveCD Knoppix dan gagal terus, akhirnya saya ambil kesimpulan bahwa yang bermasalah adalah pada perbedaan identifikasi file hardisk virtual di Zencafe. Zencafe mengenal IDE sebagai sdx di file systemnya, sedangkan Knoppix mengenal IDE sebagai hdx. Maka saya putuskan untuk memanggil (download) Emaknya Zencafe yaitu Zenwalk versi Live.

10 september 2008, saya panggil emaknya Zencafe yaitu Zenwalk yang versi Live di rumahnya yang beralamat http://download.zenwalk.org/i486/zenwalk-live-5.0/ . Hampir seharian saya memanggilnya, jadi saya tinggal mengerjakan tugas-tugas yang lain.

11 September 2008 saya coba meminta Zenwalk untuk menginstall lilo ke anaknya Zencafe , jam 09.44 akhirnya saya bisa menginstall lilo pada Zencafe lewat menu yang disediakan oleh Zenwak yaitu LiloFix. Akhirnya Zencafe mau menempati VirtualBox sebagai rumahnya.

Penasaran dengan bagaimana keluarga Zenwalk mengidentifikasi IDE sebagai sdx maka saya jalankan perintah lewat terminal (password root “ZenLive”)

#fdisk –l

Partisi IDE di kenal sda di Zenwalk

Partisi IDE di kenal sda di Zenwalk

Dan ternyata benar, Emak Zencafe pun mengidentifikasi IDE sebagai sdx, tidak seperti Knoppix dan kebanyakan distro lain yang mengidentifikasi IDE sebagai hdx.

OK, berikut adalah cara menginstal Zencafe yang dibuat AWALI, ikuti saja panduannya. DOWNLOAD

Lalu lanjutkan dengan menginstall ulang lilo di Zencafe menggunakan Zenwalk.

1. booting ke Zenwalk LiveCD

2. booting ke Zenwalk LiveCD

3. buka menu system | zenpanel

Tampilan menu di Zenwalk

Tampilan menu di Zenwalk, pilih ZenPanel

4. masukkan password root yaitu “ZenLive” tanpa tanda kutip dan perhatikan huruf kapitalnya

5. pilih opsi LiloFix

Pilih LiloFix

Pilih LiloFix

6. pilih partisi root misalnya /dev/sda1 | centang combobox linux | centang combobox No Libata subsystem nor Sata disk

Tampilan LiloFix

Tampilan LiloFix

7. Tekan tanda + (plus) | tekan tombol OK

restart PC, anda sudah bisa booting dengan lilo di Zencafe

Sekarang muncul pertanyaan dalam benak saya, Zencafe tidak mendukung hardisk jenis SCSI dan SATA?

Sayangnya saya tidak punya kedua jenis hardisk tersebut untuk uji coba, tapi berdasarkan ujicoba di VMWare saya berkesimpulan Zencafe tidak mendukung hardisk SCSI, dan mungkin juga SATA.

Case closed

~ oleh gipsylinux pada September 11, 2008.

6 Tanggapan to “Cara Install Zencafe di VirtualBox”

  1. Melanjutkan pertanyaan di IRC, apa zencafe 1.4 beserta CCL-nya dapat diinstall di virtual box?

  2. @ pinet-1 a.k.a sabar
    Bisa, seperti yang saya jelaskan diatas. Ikuti saja panduannya seperti yang dibuat AWALI, hanya saja Anda akan menemui error terutama saat install bootloadernya. Untuk memperbaiki/menginstall ulang bootloader anda download zenwalk kemuadian ikuti panduan bergambar diatas. Goodluck

  3. saya sudah install zencafe 1.4 di windows lewat virtualbox. udah lilofix.udah jalan, tapi ccl server zencafe (dan networknya) tidak berfungsi di virtual box. memang bisa kita bikin server tuh zen cafe guest os?

  4. @pinet
    Yang saya tangkap maksud anda masalahnya pada network-nya [mensetting masing2 VirtualMachine agar terhubung dalam 1 LAN] karena keberhasilan CCL tergantung network-nya juga.
    Agar masing2 VM terhubung dalam 1 LAN, klik Setting | klik Network | pada pilihan “Attached to” pastikan pilih Internal Network, pada pilihan “Network Name” isilah nama network yang sama untuk masing2 VM misalnya masing2 diisi dengan smkcikini [seperti gambar https://gipsylinux.wordpress.com/files/2009/01/vboxnetwork.jpg ].

    Dan jangan lupa IP untuk masing2 VM agar disetting masih dalam 1 network. Misalnya VM yang-I IP:192.168.1.1 Netmask:255.255.255.0, VM yang-II IP:192.168.1.10 Netmask:255.255.255.0. Pada Zencafe untuk mengubah IP ada pada System | ZenPanel | Network Settings.
    Oh ya, maksud anda guest OS apa yah? mgk kita ada salah pengertian.
    Ntar kalo ada waktu saya tulis artikelnya.
    Good luck.

  5. Ooow Tuhan ku …*pusing* buset dah bikin jiper aja nich mau nginstal zencafe… Kirain udah versi “sederhana” dari slackware… Gak taunya masih mewarisi “kemumetan” embahnya:mrgreen:

  6. […] : gipsylinux 16B00B9C-5E13-C042-2619-2BE9688A4F64 […]

Tinggalkan Balasan

 
