Ujian Nasional Praktikum Produktif SMK TKJ Bentuk Dukungan Terhadap OSS?

Rencananya ujian paraktikum produktif pada tahun 2009 ini diselenggarakan secara nasional. Jika tahun sebelumnya ujian diserahkan ke masing-masing sekolah mengenai judul dan materi ujian namun dengan standar judul yang sudah ditentukan, maka tahun ini baik judul maupun materi ujian secara nasional dibuat sama.
Yang membuat saya senang adalah judul dan materi ujian yang ada 75% (walaupun bisa juga 100%, tergantung kebijakan sekolah)menggunakan opensource software (OSS) dari keluarga NIX. Mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan judul dan materinya, karena khawatir dianggap membocorkan soal ujian tersebut walaupun saya yakin masing-masing sekolah sudah mendapatkan judul dan materi ujian tersebut.
Namun bisakah Ujian Praktikum ini dianggap sebagai dukungan terhadap OSS? Secara pribadi saya bilang bukan, pemilihan OSS adalah karena faktor kebutuhan Sistem Operasi berbasis Server yang kira-kira setiap sekolah bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi pilihan ada pada keluarga NIX. Alasan lain karena pada kenyataannya pelajaran produktif masih banyak membahas materi mengenai produk dari Microsoft walaupun sebenarnya kalo mau ambil materi dari keluarga NIX sangat dimungkinkan.
Terlepas apakah ujian praktikum ini merupakan bentuk dukungan terhadap OSS atau bukan, yang pasti pihak BNSP dan Dinas Pendidikan mulai memperhitungkan mengenai legalitas penggunaan OSS dan kemampuannya yang tidak kalah dengan produk-produk berbayar (bahkan lebih powerfull).
Salam.

~ oleh gipsylinux pada Februari 25, 2009.

4 Tanggapan to “Ujian Nasional Praktikum Produktif SMK TKJ Bentuk Dukungan Terhadap OSS?”

  1. First blog I read after wakeup from sleep today!

    —————————-
    Are you tension? panic?

  2. aku keduluan namunya, tapi gak papa yang penting bisa ngisi daftar hadir.
    bagus bgt blognya aku ajarin ya pak!
    tar kalo ketemu lagi pasti aku paksa buat ngajarin aku.
    Tadi sempet mati sendiri komputerku, seperti yang aku ceritakan tadi

  3. kapan ujian produktif SMK jurusan akuntansi dimulai, kasih info-nya ya

Tinggalkan Balasan

 
