Mounting drive ntfs di Debian Lenny

Salah satu hal yang sempet membuat saya klabakan saat memakai Debian Lenny yaitu saya tidak bisa memount drive ntfs seperti yang pernah saya lakukan pada Distro yang lain dengan menambahkan baris berikut pada /etc/fstab

/dev/hda1 /media/windows auto defaults 0 0

Huaaaaa…… knapa nih…… sempet berfikir untuk ganti distro saja. Namun saya tetep menginginkan Debian yang menghuni laptop saya🙂. Dengan bantuan profesor google akhirnya saya menemukan jawabannya. Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan :

1. install 2 file berikut menggunakan apt-get install

apt-get install libfuse2
apt-get install ntfs-3g

2. cek partisi

fdisk -l | grep NTFS

kita umpamakan ntfs yang akan kita mount adalah /dev/hda1

3. buat direktori windows didalam /media

mkdir /media/windows

4. edit file /etc/fstab menggunakan vi

vi /etc/fstab

5. lalu tambahkan baris berikut di dalam /etc/fstab

/dev/hda1 /media/windows ntfs-3g defaults 0 0

6. restart PC

init 6

Yup… intinya adalah menambahkan 2 file tambahan yaitu: libfuse2 dan ntfs-3g

Good Luck

~ oleh gipsylinux pada Mei 27, 2009.

2 Tanggapan to “Mounting drive ntfs di Debian Lenny”

  1. linux bisa di instal ama perangkat windows apa gak? kyk photo shop, corel, PM, de el el…

    • bisa aja, pake emulator yang namanya wine. Namun yang sering saya lakukan adalah menjadikan portable aplikasi windows menggunakan thinstall, setelah itu menjalankan aplikasi windows yang udah portable menggunakan wine

Tinggalkan Balasan

 
