Subnetting Online Tool

Kemarin saya berdebat lewat messenger dengan temen saya mengenai subnetting. Awal mula perdebatan adalah saat temen saya dengan pengetahuan yang dimilikinya mencoba menggurui saya, ya sebut menggurui karena seolah-olah dia yang paling paham tentang jaringan. Mungkin karena dia kerja di sebuah konsultan jaringan jadi merasa lebih tau, argghh…….sebel.
Kemudian saya lempar topik mengenai subnetting, hal paling dasar dalam jaringan menurut saya. Saya kasih soal 192.168.1.1/26 ketemen, dengan segala argumennya dia menyatakan kalo 192.168.1.1/26 memiliki network 192.168.1.1 broadcast 192.168.1.64 netmask 255.255.255.192 IP yang bisa digunakan antara 2-63. Dari jawabannya tersebut saya bilang salah seharusnya network 192.168.1.0 broadcast 192.168.1.63 netmask 255.255.255.192 dan IP yang bisa digunakan 1-62. Saya transfer file yang berisi cara cepat menghitung subnetting tapi dia tetep pada pendapatnya, saya bilang masak konsultan jaringan ngitung subnetting aja gak bisa ntar kalo ketauan konsumen bisa-bisa dia dipecat bossnya. Namun dengan sombongnya dia menjawab bahwa jawaban dia yang benar dan selama ini semua baik-baik saja, wedew….sombong sekali. Perdebatan berakhir setelah sama-sama sepakat untuk mencari pendapat pihak ketiga.
Hari ini untuk membuktikan kebenaran jawabanku saya coba jalankan perintah ipcalc di debian namun tidak jalan, dan sayang ternyata Debian tidak menyertakan ipcalc dalam CD distronya. Searching di google saya mampir di http://jodies.de/ipcalc yang ternyata menyediakan tool online untuk subnetting.
Saya debat lagi sama temenku melalui messenger, lalu saya kasih link http://jodies.de/ipcalc agar dia menghitung sendiri. Diapun diam gak lagi menjawab messengerku huahahahaa…..puassss :).

~ oleh gipsylinux pada Maret 5, 2009.

Satu Tanggapan to “Subnetting Online Tool”

  1. *blogwalking*

Tinggalkan komentar